PROBIOTIK … Bakteri baik penjaga Kesehatan

Fakta-fakta tentang Probiotik dan Efek Sampingnya:*

*1. Kesehatan pencernaan*

Tiap-tiap orang mempunyai lebih dari 1.000 tipe bakteri dalam saluran pencernaan, yg membantu memecah makanan & menyerap nutrisi. Tetapi, diwaktu kita minum

*antibiotik* (obat yg di desain membunuh dengan cara destruktif bakteri penyebab penyakit), maka obat ini juga dapat membunuh bakteri baik utk pencernaan.

 

Menurut studi baru *Journal of the American Medical Association (JAMA)*, kurang lebih 30% pasien melaporkan bahwa waktu mereka mengkonsumsi antibiotik, justru mereka menderita diare atau gangguan pencernaan lainnya. Dgn demikian, dokter meresepkan utk ‘menambah’ probiotik dalam saluran pencernaan (berupa bakteri sehat) yang merupakan solusinya.

Probiotik mampu mengatasi masalah pencernaan lain, contohnya iritasi usus atau Irritable *Bowel Syndrome* (IBS). IBS merupakan keadaan usus yg ditandai sakit perut, kram, kembung, diare, & semeblit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan pasien IBS perempuan mengalami beberapa gejala tersebut, diberi suplemen dari type bakteri *Bifidobacterium*.

 

*2. Kesehatan kandung kemih*

Menurut *University of Maryland Medical Center*, infeksi saluran kandung kemih sendiri sangat umum terjadi, terutama kepada perempuan. Pada umumnya pengobatan infeksi dgn antibiotik, tetapi kira kira 30%-40% bakteri jahat bisa kembali dan infeksi kumat lagi.

Probiotik dapat menjadi antibiotik kepada orang yg menderita infeksi saluran kandung kemi. Lebih-lebih lagi, muncul bukti probiotik mampu mencegah bakteri jahat yg akan menyerang saluran kandung kemih dgn menjaga bakteri sehat di sekitarnya.

*3. Kurangi alergi*

Penelitian keterkaitan alergi & probiotik disertai penemuan besar menunjukkan probiotik bisa meningkatkan system kekebalan badan & mengurangi kejadian alergi.

*4. Kesehatan perempuan*

Sama seperti saluran pencernaan, vagina pun mengenal keseimbangan bakteri baik & tidak baik. Saat tidak seimbang, akan memicu salah satu atau bisa ke-2 masalah vaginosis bakteri & infeksi jamur. Bahkan, vaginosis bakteri sebenarnya bakal menyebabkan infeksi jamur.

 

Sekian Banyak studi skala kecil menemukan bahwa *Lactobacillus* akan membantu mencegah infeksi.

*5. System kekebalan badan*

Salah satu fungsi mutlak dari bakteri sehat yaitu merangsang respons kekebalan badan.

Dgn mengkonsumsi makanan probiotik, maka usus pun dapat sehat. Dengan demikian, system kekebalan badan juga sehat. Bahkan, ada penelitian yg menunjukkan bahwa mereka yg minum susu fermentasi (bukan susu murni) mengalami peningkatan produksi limfosit (penanda respons imun).

 

*6. Bantu turunkan berat tubuh*

Pada th 2006, peneliti *_Stanford University_* menemukan bakteri usus yg berbeda pada orang obesitas daripada orang yg tidak obesitas.

Sekian Banyak penelitian pada awal mulanya menunjukkan bahwa probiotik akan membantu orang dgn obesitas yg sudah melakukan diet penurunan berat tubuh, bisa mempertahankan berat tubuh.

 

*Catatan tambahan:*

Para peneliti belum mencapai konsensus menyangkut campuran tipe probiotik yg cocok. Tetapi bila anda ingin tahu kategori probiotik apa yg benar-benar bagus utk badan ialah *LACTOBACILLUS, Saccharomyces boulardii* atau *BIFIDOBACTERIA*.

Mereka adalah mikroba yg bisa melawan infeksi. Malah, sekian banyak uji klinis membuktikan type Lactobacillus sanggup mempermudah kesembuhan signifikan utk vaginosis bakteri, infeksi yg memengaruhi nyaris 30% perempuan umur 14-49 thn.

PROBIO

*Efek samping:*

 

Efek samping probiotik sebenarnya jarang terjadi. Jika terjadi, efek samping yang paling umum adalah gangguan pencernaan. Gangguan yang timbul meliputi produksi gas yang berlebihan dan ketidaknyamanan perut. Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

 

Probiotik dapat mengubah fungsi usus besar, mengakibatkan perubahan dalam metabolisme.

Beberapa orang mungkin mengalami buang air besar lebih sering saat mengambil probiotik, sementara yang lain mungkin mengalami perlambatan kinerja usus.

 

Perubahan metabolik dapat mengakibatkan penambahan berat badan, penurunan berat badan, atau malabsorpsi.

 

Jika gejala seperti diatas terjadi, maka dosis probiotik bisa dikurangi..

Satu respons untuk “PROBIOTIK … Bakteri baik penjaga Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s